Kamis, 22 Desember 2016

Subhanallah! Inilah 6 Janji Allah Untuk Orang Yang Rajin Sedekah, No 4 Paling Istimewa

MediandaTerkini – Sahabat MediandaTerkini Menyedekahkan sebagian harta kepada orang lain adalah bentu perbuatan baik. Tindakan ini akan mendapat balasan pahala serta dikembalikan berlipat ganda dari Sang Pencipta. Layaknya investasi, begitulah aliran pahala bagi mereka yang mau berbagi rezeki.



Sedekah merupakan tindakan untuk memberikan materi atau jasa dengan tujuan meringankan beban atau membahagiakan hidup orang lain. Tidak hanya barang dan uang, bahkan senyum pun sudah dinilai sebagai sebuah sedekah.


Tindakan ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Karena selain dapat membantu sesama, Allah SWT juga akan membalasnya dengan pahala bagi mereka yang tulus ikhlas  melakukannya.

Nyatanya, sedekah ini mempunyai beberapa macam keutamaan serta manfaat. Hal ini sesuai dengan janji Allah yang tersedia dalam Al-Qur’an serta hadist. Lantas apa sajakah janji Allah terhadap orang-orang yang bersedekah? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Sedekah bisa Menghilangkan Dosa

Janji Allah yang pertama bagi orang yang rajin bersedekah adalah bahwa sedekah itu bisa menghilangkan dosa orang yang mengerjakannya. Hal ini tertera dalam suatu hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah bisa menghilangkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” [HR. Tirmidzi]

Akan tetapi, janji tersebut akan dipenuhi jika sedekah itu disertai dengan taubat atas dosa yang telah diperbuat. Terlebih lagi jika orang yang dengan sengaja memperbuat maksiat seperti korupsi, memakan riba, mencuri. Mengambil hak anak yatim serta lainnya, tidak berlaku sedekahnya jika ia bersedekah hanya berfungsi supaya dosa-dosanya tersebut impas.

2. Memperoleh Naungan di Hari Akhir

Tidak hanya bisa menghilangkan dosa, nyatanya amalan sedekah juga dijanjikan akan mendapat naungan di hari akhir nanti. Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 tipe manusia yang mendapat naungan di hari akhir yang saat itu tidak ada lagi naungan tidak hanya naungan dari Allah. Salah satu jenisnya adalah mereka yang rajin bersedekah.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu hingga-sampai tangan kirinya tak mengenal apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” [HR. Bukhari]

3. Allah Melipatgandakan Pahala Orang yang Bersedekah

Janji Allah selanjutnya terhadap mukmin yang rajin bersedakah adalah Allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka. Faktor tersebut sesuai dengan firman Allah Ta’ala yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah serta Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan serta meminjamkan terhadap Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) terhadap mereka; serta bagi mereka pahala yang tak sedikit.” [QS. Al-Hadid ayat 18]

4. Tersedia Pintu Surga yang Hanya Dapat Dimasuki Orang Yang Bersedekah

Dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda : “Orang memberbagi menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan” Apabila ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, apabila ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” [HR. Bukhari serta Muslim]

5. Bisa Membebaskannya Dari Siksa Kubur

Selain memperoleh surga yang khusus, orang yang rajin bersedekah juga dijanapabilan akan dibebaskan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda,

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” [HR. Ath-Thabrani]

6. Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Janji Allah yang terakhir terhadap mereka yang rajin bersedekah adalah akan menjauhkan diri dari api neraka. Nyatanya meskipun hanya sedekah dengan jumlah yang sedikit, tetapi sedekah tersebut mempunyai andil untuk menjauhkan diri dari api neraka. Terus tak sedikit sedekah yang diperbuat, maka akan terus jauhlah darinya. Rasulullah SAW bersabda:

“Jauhilah api neraka, meski hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Apabila kalian tak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” [HR. Bukhari serta Muslim]

Sahabat medianda terkini, demikianlah penjelasan tentang 6 janji Allah SWT terhadap mukmin yang rajin bersedekah. Sungguh tidak sedikit keutamaan yang akan diperoleh mukmin yang gemar bersedakah ini. Untuk itu, keluarkan sedikit harta untuk bersedekah, supaya Allah memberikan kamu janji-janji mulia tersebut.

Semoga bermanfaat.




Sumber : postshare


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Subhanallah! Inilah 6 Janji Allah Untuk Orang Yang Rajin Sedekah, No 4 Paling Istimewa