Selasa, 31 Januari 2017

Naudzubillah Min Dzalik..Wahai Istri! Iniah Dosa Istri Jika Menambahkan Nama Suami Dibelakang Nama Mu

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini mungkin bagi sebagian orang yang sudah menikah akan terjadi banyak perubahan termasuk perubahan nama. Sesudah menikah umumnya bakal banyak pergantian yang berlangsung. Dari mulai ungkapan sayang yang jadi tambah sehari-hari, panggilan beralih jadi papi mami, bahkan juga nama istri beralih lantaran di belakangnya disematkan nama suami.



Pada budaya barat hal semacam ini kerap dilakukan serta dikira umum. Pemakaian nama suami di belakang nama istri dilakukan agar seseorang wanita gampang diketahu siapa suaminya, dan jadi bentuk ungkapan kasih sayang. Namun hal semacam ini tidak dengan Islam.

Seseorang wanita dilarang keras menyematkan nama suami di belakang namanya. Hukuman yang bakal di terima yakni waktu hari kiamat nantinya. Di mana Allah SWT, malaikat bersama seluruh manusia bakal melaknat wanita yang menyematkan nama suaminya itu. Seperti apa? berikut penjelasannya.

Tindakan menyematkan nama suami dibelakang nama istri memanglah berkesan remeh. Bagaimana tidak, sekarang ini sangat banyak beberapa orang yang memakai nama suaminya dibelakang namanya. Bukan sekedar pada pergaulan keseharian, aksi ini dapat dilakukan di media sosial sebagai penamaan account media sosial seseorang wanita.

Umpamanya Sri Widya menikah dengan Iskandar, jadi Ia ganti namanya dengan Sri Widya Iskandar. Atau Rahma menikah dengan Teguh, jadi namanya jadi Rahma Teguh.

Umat Islam semestinya tidak mengikuti trend ini. Mengingat hal semacam ini nyatanya telah ada ketentuannya. Melanggarnya sudah pasti bakal memperoleh dosa. Memanglah akibatnya tidak dirasa saat ini waktu hidup didunia, tetapi kelak waktu ada di akhirat.

 


Hadist tentang tentang penamaan ini begitu shahih. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa yang mengakui sebagai anak pada terkecuali bapaknya atau menisbatkan dianya pada yang bukanlah walinya, jadi baginya laknat Allah, malaikat, serta seluruh manusia. Pada hari Kiamat kelak, Allah akan tidak terima darinya beribadah yang harus ataupun yang sunnah, ” (HR. Muslim dlm al-Hajj (3327) serta Tirmidzi).

Sahabat medianda terkini dalam hadist yang lain diterangkan jika wanita yang memakai nama penambahan terkecuali bapak maka Allah akan mengharamkan surga.

“Barang siapa bernasab pada terkecuali ayahnya serta ia tahu kalau ia bukanlah ayahnya, jadi surga haram baginya. ” (HR Bukhori dalam al-Maghozi bab : Ghozwatuth Tho`if (3982)

Lihatlah bagaimana Allah SWT demikian geram saat tindakan itu dilakukan. Tidak kah kita takut akan ancaman Allah itu? Hukum penamaan dalam ajaran Islam sangat utama. Baik pria atau wanita, cuma bisa memberikan nama ayahnya di belakang namanya. Tidak ada yang lebih memiliki hak terkecuali Bapak.

Meskipun suami sendiri, tetaplah tidak bisa ditambahkan dibelakang nama istri. Lantaran dalam Islam, nama lelaki di belakang nama seorang bermakna keturunan atau anak dari lelaki itu. Hal semacam ini adalah bentuk penghormatan pada seseorang bapak.

“Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan menggunakan nama bebrapa ayah mereka, tersebut yang lebih adil di segi Allah. ” QS al-Ahzab : 5

Tetapi hal semacam ini tidak sama dengan budaya barat, umpamanya istrinya Bill Clinton : Hillary Clinton yang nama aslinya Hillary Diane Rodham ; istrinya Barrack Obama : Michelle Obama yang nama aslinya Michelle LaVaughn Robinson, dan sebagainya.

Namun sungguh, Allah SWT telah menyampaikan kabar ancaman yang akan di terima wanita jika menisbatkan nama suaminya, atau terkecuali nama bapak. Oleh karena itu tidak bisa seseorang wanita menisbatkan dianya pada suaminya seperti kebiasaan yang berlaku pada golongan kuffar serta yang mirip mereka dari golongan muslimin. ***

Semoga bermanfaat.



Sumber:Beradab
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Naudzubillah Min Dzalik..Wahai Istri! Iniah Dosa Istri Jika Menambahkan Nama Suami Dibelakang Nama Mu